Bimbingan Teknis Pengembang Permainan (Gim) Menyalakan Semangat Kreativitas Digital di DIY
- Sabtu, 14 Juni 2025
- Administrator
- 0 komentar
Bimbingan Teknis Pengembang Permainan (Gim): Menyalakan Semangat Kreativitas Digital di DIY
Yogyakarta, 14 Juni 2025 — Semangat ekonomi kreatif terus bergelora di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kegiatan perdana Bimbingan Teknis Pengembang Permainan (Gim) yang digelar oleh Dinas Pariwisata DIY. Bertempat di Aula Ruang Kreatif Lt. 3, Gedung Balai Pengelolaan Kekayaan Intelektual, acara ini sukses menyatukan puluhan siswa SMK, mahasiswa, komunitas pengembang, dan para profesional dalam satu tujuan: mendorong kemajuan sub sektor pengembangan gim sebagai bagian dari industri kreatif nasional.
Acara ini mengusung misi besar: memberikan kontribusi pengetahuan teknis sekaligus membuka cakrawala peluang dalam sektor usaha ekonomi kreatif, khususnya gim. Peserta mendapatkan pemaparan mendalam seputar tren industri game, teknologi pengembangan, desain & monetisasi, hingga praktik pembuatan pitch deck ide gim.
Rangkaian Kegiatan: Edukatif, Praktikal, dan Inspiratif
Dimulai sejak pukul 07.30 pagi, kegiatan diawali dengan registrasi peserta, pembukaan, dan sambutan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY. Selanjutnya, berbagai sesi interaktif menghadirkan narasumber dari Komunitas GameLan, DPRD DIY, serta praktisi kreatif dari berbagai latar belakang. Puncaknya, peserta diberi kesempatan mempraktikkan langsung pembuatan pitch deck untuk ide gim yang telah mereka gagas.
????️ “Kami sangat mengapresiasi inisiatif ini. Ini bukan hanya transfer ilmu, tapi juga membangun ekosistem kreatif lintas lembaga,” ujar salah satu guru pembimbing dari SMK Ma’arif Ponjong.
Siapa Saja yang Terlibat?
Acara ini menghadirkan beragam peserta dan tokoh penting, di antaranya:
-
Kepala dan jajaran Dinas Pariwisata DIY
-
DPRD DIY (Dr. Danang Wahyu Broto, SE, M.Si.)
-
Komunitas GameLan (Puspanegara Diva Siregar & Muhammad Torikul Akbar)
-
Siswa dan guru dari SMK Ma'arif Ponjong, SMK Muhammadiyah Ponjong, SMK Negeri 1 Wonosari, SMK Negeri 1 Bantul, dan sekolah lainnya
-
Mahasiswa dari Universitas Amikom, UGM, ISI, dan Universitas Ahmad Dahlan
-
Praktisi dan freelancer pengembang gim
Kegiatan ini mencerminkan kolaborasi nyata antara dunia pendidikan, komunitas kreatif, pemerintah, dan pelaku industri dalam mengakselerasi pertumbuhan sub sektor pengembangan permainan.
Dokumentasi dan Tindak Lanjut
Acara ini juga diabadikan melalui dokumentasi foto dan video yang menunjukkan semangat para peserta dalam menyusun ide kreatif mereka. Ke depan, Dinas Pariwisata DIY berencana melakukan kunjungan lanjutan ke sekolah-sekolah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai bagian dari tindak lanjut program ini.

“Ini baru permulaan. Kita ingin pastikan kreativitas anak-anak muda Yogyakarta benar-benar mendapat ruang dan dukungan,” tegas salah satu perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY.
Penulis: Tim Publikasi SMK Ma’arif Ponjong
Editor: [Wisnu D H]
Didukung oleh: Dinas Pariwisata DIY, Komunitas GameLan, dan Sekolah-sekolah Vokasi Kreatif di Yogyakarta
Artikel Terkait
Peringatan Isra Mi’raj 1446 H: Meneladani Perjalanan Rasulullah untuk Menguatkan Iman dan Takwa
Senin, 27 Januari 2025
Sosialisasi Masa Depan Siswa Kelas 12: TEFA Inspira dan PNM Berikan Wawasan Baru
Rabu, 08 Januari 2025
Gelar Karya P5 Tahun Pelajaran 2024/2025: Menggali Kearifan Lokal dan Kebhinekaan Global
Rabu, 08 Januari 2025